UPAYA GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS IV SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM

NURMIATI, NURMIATI (2020) UPAYA GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS IV SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
SKRIPSI FIXS NURMIATI COPER-BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FIXS NURMIATI BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI FIXS NURMIATI BAB 5.pdf

Download (496kB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru dapat melaksanakan tugasnya secara professional, jika seorang guru mengetahui langkah-langkah seperti apa yang diperlukan sehingga tugas-tugas keguruan dapat dilaksanakan dengan baik dan salah satu wawasan yang perlu dimiliki oleh seorang guru adalah tentang memilih strategi belajar yang tepat. Dengan memilih strategi belajar yang tepat maka seorang guru akan mempunyai pedoman dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 5 orang. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, kalkulasi, dan verifikasi data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru menggunakan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IV SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Upaya tersebut dalam penggunaan media gambar terhadap mata pelajaran PPkn membantu memudahkan belajar bagi siswa, sehingga dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar, mempermudah bagi guru dalam menyajikan materi pembelajaran sehingga siswa mengerti dan memahaminya. Adapun hasil penelitian ini adalah upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunaan media gambar pada siswa kelas IV SD’ Aisyiyah 1 Mataram dapat membuat memotivasi belajar siswa lebih tinggi dalam proses pembelajaran menggunakan media gambar dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Adapun kendala atau hambatan dalam penggunaan media gambar pada mata pelajaran PPKn terdapat pada, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti LCD serta gambar yang di print dengan ukuran kecil, hal tersebut kadang membuat anak-anak sulit melihat dengan jelas dan detail tentang gambar yang ditampilkan. Kata Kunci: Upaya Guru, Media Gambar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAQODIAH,, AQODIAH0815027401
ReviewerMARDIYAH, HAYATI0802096701
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Media Gambar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:52
Last Modified: 26 Aug 2020 03:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item