Efan, Ardiansyah (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KESENIAN MUSIK SISWA DI SMKN 1 NARMADA. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].
Text
Skripsi_Cover - Bab III_PPKn_Efan Ardiansyah_NIM 11513A0023.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi_Bab IV_PPKn_Efan Ardiansyah_NIM 11513A0023.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text
Skripsi_Bab V - Lampiran_PPKn_Efan Ardiansyah_NIM 11513A0023.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan sebagai suatu hal yang sangat penting bagi peradaban manusia diharapkan dapat menciptakan insan yang cerdas dan memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter adalah istilah dalam usaha membentuk pribadi siswa yang baik serta menanamkan nilai-nilai karakter yang baik dalam kehidupan. Pendidikan karakter dapat di implementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler kesenian musik. Karena merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. penelitian ini menggambarkan bagaimana implementasi pendidikan karakterk melalui kegiatan ektrakurikuler kesenian musik. Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler kesenian musik, (2) hambatan-hambatan di dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler kesenian musik (3) upaya perbaikannya di dalam implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler kesenian musik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendeketan fenomenologi dengan Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.cara menentukkan informan dalam penelitian ini ialah dengan purposive sampling dan Snowball sampling,yang dianalisis melalui, reduksi data, penyajian data,dan menarik kesimpulan serta metode pengabsahan data menggunakkan uji kredibilitas.. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler kesenian musik yaitu di terapkan melalui praktek langsung di dalam kegiatannya, di antaranya memuat nilai pendidikan karakter yaitu; nilai kretifitas, kedisiplinan, percaya diri, religius, tanggung jawab, perduli lingkungan, kerja sama, kerja keras, menghargai prestasi oran lain, dan cinta tanah air.(2) hambatan-hambatan yang menjadi permasalahannya yaitu kurangnya tenaga guru kesenian musik, kesenian musik tidak termasuk ke dalam matapelajaran wajib, kehadiran siswa, sarana dan prasarana. (3) langkah perbaikan yang di lakukan yaitu penerapan sanksi tegas bagi siswa yang tidak hadir tanpa memberikan keterangan jelas, memperbaiki mutu sarana dan prasana dalam kegiatan kesenian musik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler, Kesenian Musik | |||||||||
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Iskandar Iskandar | |||||||||
Date Deposited: | 26 Feb 2020 04:32 | |||||||||
Last Modified: | 26 Feb 2020 04:36 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/734 |
Actions (login required)
View Item |