Feti, Anjarwati (2023) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MENGUCAPKAN KALIMAT BAHASA ARAB DI MTS AL-MADANIAH JEMPONG MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB II_FETI ANJARWATI_NIM 2020G1A055P_PBA.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB III_FETI ANJARWATI_NIM 2020G1A055P_PBA.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV-LAMPIRAN_FETI ANJARWATI_NIM 2020G1A055P_PBA.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
Feti Anjarwati.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
Abstract
Kesalahan fonologi terdapat pada saat siswa mengucapkan kalimat bahasa Arab misalnya pada pelafalan huruf fonem /ط/ dan /ت/ beberapa siswa masih kesulitan dalam melafalkanya dan sulit membedakan huruf yang mirip pengucapanya karena siswa terbiasa melafalkan fonem / ت / dengan tebal, hal ini membuat pelafalan fonem /ط/ dan /ت/ menjadi kurang sempurna. Hal ini menyalahi kaidah Bahasa arab apalagi yang dilafalkan merupakan al-quran yang memang harus dilafalkan dengan baik dan benar, dan ketika salah dalam melafalkanya dapat mengubah makna, karena Bahasa arab memiliki kaidah-kaidah tertentu dalam pelafalan setiap hurufnya atau yang lebih mansyhur dikenal sebagai makharijul huruf. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam mengucapkan kalimat bahasa Arab dan menjelaskan faktor yang menyebabkan terjadi kesalahan fonologi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dikumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa adanya kesalahan fonologi siswa pada saat siswa mengucapkan kalimat bahasa arab berdasarkan makhoriijul huruf yang terbagi menjadi al-lisan (lidah), al-halq (tengorokan), al-jauf (rongga mulut), Lalu kesalahan juga terjadi dalam beberaapa bentuk yaitu pengurangan fonem dan penambahan fonem. Faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam mengucapkan kalimat bahasa Arab yaitu Anggapan bahwa Bahasa Arab adalah Bahasa yang sulit, Kurangya Minat serta Motivasi dalam belajar bahasa Arab, Kurangnya minat membaca pada siswa, Kurangnya Rasa percaya diri ,Siswa sulit berkonsentrasi saat proses belajar mengajar ,Kurangnya dukungan Orang tua pada pelajaran Bahasa Arab, Bahasa Ibu dan Lingkungan , Kurangnya motivasi belajar antar siswa dan Sarana dan Prasarana yang Kurang Memadai.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Fonologi, Mengucapkan Kalimat Bahasa Arab | |||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi 400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa Lain |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Feti Anjarwati | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:13 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7273 |
Actions (login required)
View Item |