NURUL, RAMADHANI (2022) PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SDN SORI TALOKO KECAMATAN SANGGAR KABUPATEN BIMA TAHUN 2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (Similarity Check)
NURUL RAMADHANI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Guru bisa dikatakan profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajar dengan baik, guna mewujudkan kondisi mengajar yang efesien dan efektif diperlukan keterampilan-keterampilan serta inovasi terbarukan dari pada guru. Tujuan penelitian ini mengetahui guru di SDN Sori Taloko apakah sudah termaksud guru yang memenuhi standar profesionalisme serta mengetahui siswa di SDN Sori Taloko apakah sudah termaksud kategori karakter siswa yang baik. Jenis penelitian ini adalah Pendekatan Deskriptif Kualitatif. pengumupulan data melalui beberapa tehnik yaitu tehnik Observasi, wawancara, dan dokumnetasi, Subjek peniliti ini adalah Siswa kelas IV dan Guru SDN Sori taloko tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa dan 16 Guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru di SDN Sori Taloko sudah memenuhi standar kompetensi ditinjau dari beberapa komptensi yang dimilikinya, diantara kompetensi tersebut adalah kompetensi prosfesionalisme mencapai 12,5%, kompetensi kepribadian mencapai hasil 80%, Kompetensi Pedagogik mencapai hasil 50%, Dan Kompetensi Sosial mencapai hasil 100%. Berdasarkan dari hasil penilaian keseluruhan dapat disimpulkan bahwa SDN Sori Taloko mencapai hasil yang Cukup Baik. Karakter Siswa Di SDN Sori Taloko sudah mencapai hasil yang cukup baik, ditinjau dari beberapa aspek dan indikator diantaranya, karakter kejujuran, karakter keterbukaan, karakter toleransi, karakter kebijaksanaan, karakter disiplin dan karakter demokrasi. Adapun indikator yang mempengaruhi faktor utama yang mempengaruhi karakter anak adalah faktor lingkungan masyarakat dan keluarga.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme, Guru, Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurul Ramadhani | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2022 07:02 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2022 07:03 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5392 |
Actions (login required)
View Item |