PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

DIAN, RIZQI HUSNUL KHATIMAH SALEH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
1 DIAN RIZQI HUSNUL KHATIMAH SALEH.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu video animasi yang diperuntukan untuk kelas IV Sekolah Dasar agar memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran matematika materi bangun datar, serta media video animasi ini bertujuan juga untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg & Gall memiliki 10 tahapan penelitianResearch and information collecting (Penelitian dan Pengumpulan Data), Planning (Perencanaan), Develop preliminary form of product ( Pengembangan Draft Produk), Preliminary field testing (Uji Coba Lapangan Awal), Main product revision (Merevisi Hasil Uji Coba), Main field testing ( Uji Coba Lapangan Utama), Operational product revision (Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan), Operationa field testing (Uji Pelaksanaan Lapangan Operasional/Empiris), Final product revision (Penyempurnaan Produk Akhir), Dismination and implementation (Diseminasi dan Implementasi). Pengembangan media video animasi ini dinyatakan sangat valid oleh ahli media dan ahli materi. Hasil kevalidan yang di dapat dari ahli media nilai presentasenya yaitu 94,5% sedangkan untuk ahli materi nilai presentasenya yaitu 93,3% . Untuk uji kepraktisanny diperoleh dari hasil respon siswa di 2 sekolah di SDN 2 Karang bongkot mendapatkan nilai presentasenya yaitu 93,7% atau dikategorikan sangat praktis sedangkan untuk di SDN 2 Kuranji mendapatkan nilai presentasenya yaitu 95,5% atau dikategorikan sangat praktis. Dan untuk hasil keefektifan di SDN 2 Kuranji menggunakan pretestdan posttest untuk pretest mendapatkan skor rata-rata 26 dan skor rata-rata posttest 82,5 yang menunjukkan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media video animasi. Kemudian untuk N-gain skor yang diperoleh yaitu 0,76 yang sudah termasuk tinggi, setelah itu dikalikan 100% sehingga menghasilkan 76% yang apabiladimasukkan kedalam data kuantitatif termasuk kedalam kriteria “efektif”

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dian Rizqi Husnul Khatimah Saleh
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:49
Last Modified: 30 Aug 2022 02:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item