ETY, HAPIFA (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT PUTRI MANDALIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SDN 2 KURANJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (COVER-BAB III)
1COVER-BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
2BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V-LAMPIRAN)
3BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
Text (SIMILARITY CHECK)
4SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kevalidan buku cerita rakyat Putri Mandalika untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SDN 2 Kuranji. 2) mengetahui kepraktisan buku cerita rakyat Putri Mandalika untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Siswa SDN 2 Kuranji. 3) mengetahui keefektifan buku cerita rakyat Putri Mandalika untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SDN 2 Kuranji. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Development. Peneliti hanya melakukan penelitian sampai ke tahap Development yaitu pengembangan. Hasil penelitian ini pada uji coba produk dibagi menjadi dua yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pengembangan buku cerita rakyat Putri Mandalika ini telah menghasilkan produk yang telah dinyatakan valid oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi. Hasil kevalidan yang didapat dari ahli materi dengan persentase 98% atau dapat dikategorikan sangat valid, kevalidan yang di dapatkan dari ahli media yaitu 97,8% atau dapat dikategorikan sangat valid dan ahli bahasa dengan persentase 95,83% atau dapat dikategorikan sangat valid. Pada uji coba terbatas dilakukan di kelas V SDN 2 Kuranji dengan jumlah siswa 6 orang, dikelas ini peneliti melakukan pemberian angket respon siswa untuk mengetahui mengenai kepraktisan media buku cerita rakyat Putri Mandalika. Pada uji coba lapangan di lakukan di kelas IV SDN 2 Kuranji dengan jumlah siswa 20 orang. Di kelas ini peneliti melakukan pemberian soal test sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran kepada siswa mengenai keefektifan media buku cerita rakyat Putri Mandalika untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SDN 2 Kuranji. Hasil analisis data respon siswa adalah dengan rata-rata nilai 91,83% (sangat praktis). Hasil analisis data keefektifan adalah dengan rata-rata nilai pretest 47% dan rata-rata nilai postest 89% hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan setelah menggunakan media buku cerita rakyat Putri Mandalika. N-Gain skor dengan rata-rata nilai 0,8167% dalam kriteria tinggi, dan dan N-Gain skor persen dengan rata-rata 81,67% dalam kategori efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Buku Cerita Rakyat, Cerita Rakyat Putri Mandalika, Membaca Pemahaman. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ety Hapifa | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:22 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:22 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5251 |
Actions (login required)
View Item |