PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

MUHAMMAD, FACHRIN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 38 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
49% PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_GUIDED_NOTE_TAKING_TER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menegetahui pengaruh segnifikan dari penerapan model pembelajaran Guided Note Taking terhadap keterampilan menulis narasi siswa kela V SDN 38 Mataram. Metode penelitian adalah penelitian eksperimen, sampel yang digunakan 64 siswa terdiri dari kelas V a 32 siswa sebegai kelas eksperimen dan V b 32 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes menulis karangan narasi dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis meliputi paired sample t-test atau uji t dan uji independen sample t-test pada program IMB SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Note Taking memiliki pengaruh terhadapat keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN 38 Mataram. Maka dapat di tarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program IMB SPSS 25 for windows dengan menggunakan teknik uji independen sample t-test pada taraf signifikasi 5%, di peroleh nilai thitung > ttabel (2.844>2.042), dan nilai sig < 0,05 (0,006 < 0,05). Maka H1 di terima yang berbunyi terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap keterampilan menulis narasi siswa SDN 38 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSINTAYANA, MAHARDINInidn0823078802
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking, Keterampilan Menulis Narasi.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: MUHAMMAD FACHRIN
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:40
Last Modified: 21 Mar 2022 07:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item