PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DIDALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn ONLINE DI MA AL RAISIYAH TAHUN AJARAN 2019/2020

FITRIANI, FITRIANI (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DIDALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn ONLINE DI MA AL RAISIYAH TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran Guru adalah pendidik profesional yang berperan sebagai pendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan menengah. Oleh karena itu, orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran, serta mampu menata dan mengelolah kelas supaya siswa dapat belajar. Oleh karena itu, peran guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku, tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa MA Al-Raisiyah yang melanggar kedisiplinan, Salah satu terciptanya proses pembelajaran yang baik adalah dengan menegakkan disiplin. Guru merupakan tokoh penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui peran dalam meningkatkan proses pembelajaran dan Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelaaran PKn online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan tidak terstruktur. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam subjek penelitian yaitu menggunakan data primer yaitu data yang di peroleh langsung dari informan. Hasil penelitian, bahwa peran dalam meningkatkan proses pembelajaran di MA Al Raisiyah dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran seperti metode pembelajaran campuran (blended learning) adalah metode yang menggunakan dua pendekaan sekaligus dalam artian sistem daring dan tatap muka melalui vc dan metode tanya jawab, guru mengajukan pertanyaan kepada siswa atau sebaliknya siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru supaya proses pembelajaran tidak pasif meskipun pembelajaran secara daring. Sedangkan peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses pembelaaran PKn online yaitu dengan cara memberikan pemahaman tentang pentingnya kedisiplinan supaya siswa mempunyai kesadaran tentang pentingnya disiplin dengan cara berkomunikasi yang baik disertai nasihat yang bijak seperti disiplin waktu dan disiplin mengumpulkan tugas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerH. KAMALUDIN, H. KAMALUDINnip195612311985031012
ReviewerALIAHARDI, WIANATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Guru PPKn, kedisiplinan didalam proses pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: NANI SULISTIANINGSIH
Date Deposited: 03 Mar 2021 06:47
Last Modified: 03 Mar 2021 06:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item