ITA PURNAMA, SARY (2020) استخدام ورقة العمل الطالبية كمصدر تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية النجاح ساسيلا لومبوك الغربية العام الدراسي2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER- BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB II- BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV- LAMPIRAN.pdf Download (837kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi, Ita Purnama Sary Nimko: 716110003 Yang Berjudul “Penggunaan Lembar Kerja Siswa Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Arab di MA An-Najah Sesela Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021”. Pembimbing I: Husnan, M.Pd, pembimbing II: Nur Jannah, M.Pd. Pembelajaran merupakan sebuah proses yang di dalamnya mencakup pengertian seorang guru mengajarkan pengetahuan kepada peserta didik dan usaha peserta didik untuk mempelajari suatu pengetahuan. Dalam proses pembelajaran, sumber belajar memegang peran sangat penting. Karena dengan penggunaan sumber belajar akan menghasilkan proses pembelajaran yang berkualitas, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Salah satu sumber belajar yang sudah dikenal dan banyak dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran secara umum oleh lembaga sekolah adalah lembar kerja siswa. Lembar kerja siswa merupakan perangkat pembelajaran sebagai pelengkap atau sarana pendukung dalam pelaksanaan rencana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengambarkan proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan lembar kerja siswa sebagai sumber pembelajaran,danApa kendala-kendala yang di hadapi oleh guru dalam penggunaan lembar kerja siswa sebagai sumber pembelajaran bahasa arab di MA An-Najah Sesela Lombok Barat tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatifdengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan lembar kerja siswa sebagai sumber pembelajaran di MAAn-Najah Sesela Lombok Barat melalui tiga tahap yaitu Pembukaan pembelajaran, Kegiatan inti pembelajaran, dan Penutup pembelajaran. Adapun bentuk kendala-kendala yang di hadapi oleh guru dalam penggunaan lembar kerja siswa sebagai sumber pembelajaran bahasa arab di MA An-Najah Sesela Lombok Barat yaitu: 1) Rendahnya minat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab, 2) Kurangnya pengguasaan kosa kata, 3) Materi pada lembar kerja siswa terkadang membosankan bagi siswa jika tidak di padukan dengan sumber pembelajaran yang lain, dan 4) Kurangnya penyediaan sumber pembelajaran, seperti kurangnya penyediaan buku paket dalam pembelajaran. Kata kunci: Lembar kerja siswa, sumber pembelajaran, dan proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lembar kerja siswa, sumber pembelajaran, dan proses pembelajaran. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:20 | |||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2020 03:20 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1184 |
Actions (login required)
View Item |