PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DI MI NW JOHAR PELITA DESA SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019

Messi, Chandra Agustina (2019) PENGARUH PENERAPAN K-13 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II DI MI NW JOHAR PELITA DESA SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2019. Diploma thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (15MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di MI NW Johar Pelita Desa Sesela Gunungsari Lombok Barat, mewawancarai langsung guru wali kelas II A, bahwa baru menerapkan kurikulum 2013. Guru harus mampu menguasai KI dan KD, dalam semua mata pelajaran. Peserta didik dituntut untuk slalu aktif dalam kelas, agar mendapatkan prestasi yang baik di dalam kelas. Penelitian ini sangat menarik karena belum dilakukan oleh peneliti lain. dalam penelitian ini peneliti mengangkat judul “Pengaruh Penerapan K-13 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Di MI NW Johar Pelita Desa Sesela Gunungsari Lombok Barat Tahun Ajaran 2019”. Bedasarkan latar belakang masalah maka, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan kurikulum 2013 pada siswa kelas II di MI NW Johar Pelita dan Apakah adanya penilaian kurikulum 2013 mampu menciptakan siswa yang berprestasi Sedangkan manfaatnya ada dua yaitu manfaat secara teoritis dan manfaat praktis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Lokasi yang dijadikan objek dalam penelitian desa Sesela Gunungsari Lombok Barat. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Observasi, metode angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa nilai koefisien korelasi antara variabel sebesar r-hitung = 0, 427 dan r-tabel = 0,514. Sedangkan berdasarkan uji signifikan pengaruh model penilaian kurikulum 2013 terhadap prestasi belajar siswa dengan determinasi r2 = 0,427 x 100% = 18,23 artinya penerapan kurikulum 2013 sebesar 18,23% dan sisanya 81,77% di pengaruhi oleh variable lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Dalam arti kurikulum 2013 lebih besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas II di MI NW Johar Pelita Desa Sesela Gunungsari Lombok Barat Tahun Ajaran 2019. Kata kunci: Penerapan Kurikulum 2013, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerSaprun, SaprunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 02 Dec 2019 01:34
Last Modified: 02 Dec 2019 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item