HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

LELI, ASTUNI (2022) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 16 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
45% HUBUNGAN_INTERAKSI_EDUKATIF_DENGAN_MINAT_BELAJAR_S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi edukatif”. Interaksi edukatif yang terjadi di dalam proses pembelajaran terutama interaksi edukatif antara pengajar dengan warga belajar dengan memanfaatkan media dan metode yang tepat diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat belajar siswa terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 16 Mataram. Sampel yang dimanfaatkan sebanyak 31 siswa yang diambil memanfaatkan Teknik sample jenuh (sampel total) dimana semua populasi dijadikan sampel. Penelitian memanfaatkan angket Interaksi Edukatif dan angket Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa, dimana 0,435 > 0,433 yang berarti nilai korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau sig. = 0,01, dimana 0,01 < 0,05 yang berarti nilai sig. lebih kecil dari 0,05. Berdasar pada hasil 0,435 yang dihasilkan menunjukan tingkat hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia tergolong hubungan sedang karena termasuk dalam interval koefisien 0,40 – 0,599 yang ada pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari penelitian ialah Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMUHAMMAD, NIZAARnidn0828078501
UNSPECIFIEDYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Interaksi Edukatif, Minat Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: LELI ASTUTI
Date Deposited: 10 Mar 2022 08:12
Last Modified: 10 Mar 2022 08:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4596

Actions (login required)

View Item View Item