PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN PIZZA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG SISWA SD KELAS V

Jumiyati, Jumiyati (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN PIZZA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG SISWA SD KELAS V. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_JUMIYATI_NIM 118180102_PGSD.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_JUMIYATI_NIM 118180102_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_JUMIYATI_NIM 118180102_PGSD.pdf

Download (6MB)
[img] Text (similarity check)
49% PENGEMBANGAN_ALAT_PERAGA_PAPAN_PIZZA_UNTUK_MENINGK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat peraga pembelajaran yaitu alat peraga papan pizza untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung siswa SDN 20 Ampenan, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan alat peraga papan pizza. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahapan saja di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat peraga papan pizza untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung siswa SD berhasil di kembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 75 % yang dikategorikan “valid” dan ahli media 73 % yang termasuk dalam kategori “valid” sedangkan untuk uji awal memperoleh hasil rata-rata 80 % dikategori “praktis” dan untuk hasil uji coba pemakaian menghasilkan jumlah skor rata-rata 76% pretest 31,8 dan skor posttest 92,2 yang menunjukan pemahaman konsep menggunakan alat peraga papan pizza meningkat. Kemudian untuk N-Gain memperoleh 0,8835 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 88,35% yang dimana apabila dimasukkan kedalam data kualitatif termasuk kedalam kriteria “efektif”. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN 20 Ampenan memperoleh skor hasil belajar 88,35 dan termasuk dalam kategori “efektif”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAbdillah, Abdillahnidn0824048301
ReviewerYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Research And Development (R&D)
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: JUMIYATI JUMIYATI
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:42
Last Modified: 01 Mar 2022 03:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item