PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM

NURUL, WAHIDAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS VIII SMP NEGERI 21 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran role-playing dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa Kelas VIII A SMPN 21 Mataram. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu pre-eksperimental dengan tipe one group pretest-posttest. Hasil analisis data menunjukkan, nilai rata-rata kelas VIII A meningkat secara signifikan dari 43,67 pada pretest menjadi 78,90 pada posttest. Hasil ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis menggunakan teknik paired sample t-test mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas VIII A setelah perlakuan yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Analisis N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 56,78 dengan skor maksimum 100 dan skor minimum 33, artinya siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah di terapkan model pembelajaran bermain peran di kelas VIII A SMPN 21 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Hasil Belajar, PPKn, Model Pembelajaran, Siswa, role playing.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Wahidah
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:57
Last Modified: 11 Sep 2025 01:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item