IMPLEMENTASI DISKUSI KELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 5 LANGGUDU

SUMIATI, SUMIATI (2025) IMPLEMENTASI DISKUSI KELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 5 LANGGUDU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN 5 Langgudu masih tergolong rendah. Proses pembelajaran yang bersifat satu arah serta minimnya keterlibatan aktif siswa menjadi salah satu penyebab utama kurangnya antusiasme dalam mengikuti pelajaran. Kondisi ini mendorong perlunya penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya melalui diskusi kelas. Diskusi kelas diyakini dapat meningkatkan partisipasi siswa dan menumbuhkan motivasi belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi diskusi kelas sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 5 Langgudu berjalan cukup efektif dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini tercermin dari meningkatnya partisipasi aktif, rasa percaya diri, serta antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru merancang dan melaksanakan diskusi secara terencana dengan dukungan dari kepala sekolah. Adapun beberapa kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu, kondisi ruang kelas, perbedaan tingkat keaktifan siswa, serta dominasi dan kurangnya kepercayaan diri sebagian siswa. Namun demikian, dengan pendekatan guru yang tepat dan lingkungan sekolah yang mendukung, diskusi kelas tetap dapat dijalankan secara optimal sebagai sarana pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Diskusi Kelas, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sumiati Sumiati
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:21
Last Modified: 09 Sep 2025 02:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12800

Actions (login required)

View Item View Item