EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF OLEH GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SAPE KABUPATEN BIMA

NABILA, NABILA (2025) EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN AKTIF OLEH GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan PPKn berperan penting dalam membentuk karakter dan kesadaran warga negara, sehingga memerlukan metode pembelajaran yang efektif. Pembelajaran aktif dinilai mampu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa melalui diskusi dan pengalaman langsung. Namun, di SMA Muhammadiyah Sape, metode ceramah masih dominan dan kurang efektif, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitas metode pembelajaran aktif yang diterapkan oleh guru PPKn dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu (quasi-experimental) dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 44 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 22 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan berupa pembelajaran aktif selama empat kali pertemuan sedangkan kelas kontrol menerapkan metode pembelajaran konvensional. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, uji t independen serta uji N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen angket yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi kriteria valid dan reliabel dengan seluruh item memiliki nilai r hitung di atas r tabel (0,297) dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,731. Uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene’s Test menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji t independen menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Sig. 0,000), sedangkan hasil uji N-Gain sebesar 82,80% termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah Sape.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnidn0806059402
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Hasil belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nabila Nabila
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:59
Last Modified: 01 Sep 2025 07:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12385

Actions (login required)

View Item View Item