PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS X SMK ASSIMA’ DARUL FALAH

JUM, RATUL AIN (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS X SMK ASSIMA’ DARUL FALAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan lingkungan sekolah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran PPKn kelas X SMK Assima’ Darul Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Sampel terdiri atas 32 siswa yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur pembelajaran berbasis masalah dan lingkungan sekolah, serta tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, dengan observasi dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (t = 4,338; p = 0,000; Adjusted R² = 0,365), sedangkan lingkungan sekolah juga berpengaruh positif dan signifikan (t = 3,427; p = 0,002; Adjusted R² = 0,257). Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan mampu menjelaskan 47,2% variasi kemampuan berpikir kritis siswa (R = 0,711; Adjusted R² = 0,472), dengan persamaan Y = -11,735 + 0,840X₁ + 0,570X₂. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dan lingkungan sekolah yang kondusif berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga kedua faktor ini sebaiknya dikombinasikan dalam pembelajaran PPKn untuk hasil yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Lingkungan Sekolah, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jumratul Ain
Date Deposited: 03 Sep 2025 04:01
Last Modified: 03 Sep 2025 04:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12361

Actions (login required)

View Item View Item