PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MEDIA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 48 AMPENAN

NUNING, ANGGRIANI (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MEDIA BLOK PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 48 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media blok pecahan terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV SDN 48 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep (pre-test dan post-test) dan observasi aktivitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test sebesar 64,31 meningkat menjadi 80,38 pada post-test. Nilai terendah meningkat dari 50 menjadi 65, dan nilai tertinggi dari 80 menjadi 95. Hasil uji statistik Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai t-hitung sebesar 6,736 > t-tabel 1,708. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, penggunaan media blok pecahan terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan siswa. Media ini juga mampu meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Media Blok Pecahan, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nuning Anggriani
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:09
Last Modified: 01 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12326

Actions (login required)

View Item View Item