PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMPN 2 KEDIRI

MAHANI, MAHANI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII DI SMPN 2 KEDIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PPKn yang selama ini disampaikan secara konvensional, serta perlunya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Game Edukasi terhadap peningkatan pemahaman materi Pendidikan Pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMPN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design), dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Game Edukasi dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol, serta uji regresi linear sederhana untuk mengukur seberapa besar pengaruh media Game Edukasi terhadap pemahaman siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, menunjukkan bahwa media Game Edukasi memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa. Dan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh penggunaan media pembelajaran Game Edukasi terhadap peningkatan pemahaman siswa sebesar 54,6%. Dengan demikian, media Game Edukasi dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Peningkatan Pemahaman.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mahani Mahani
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:51
Last Modified: 01 Sep 2025 07:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item