SITI, MIRNA WATI (2025) EKSPLORASI PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PROGRAM INTERVENSI LITERASI DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMAHAMAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik terhadap program intervensi literasi dalam mengatasi tantangan pemahaman membaca di tingkat sekolah dasar, khususnya di SD Aisyiyah 1 Mataram. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi peserta didik serta bagaimana pandangan mereka terhadap efektivitas program intervensi literasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan kepala sekolah, guru wali kelas dan siswa kelas V di SD Aisyiyah 1 Mataram, yang berjumlah satu kepala sekolah, satu guru kelas, dan peserta didik berjumlah sembilan orang sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor pendukung seperti dukungan guru, metode pembelajaran yang digunakan, dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap persepsi peserta didik melalui program intervensi literasi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi yang positif terhadap program intervensi literasi. Selain itu, sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap program intervensi literasi karena di nilai membantu mereka lebih memahami bacaan dan meningkatkan minat membaca. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan program literasi yang lebih tepat sasaran di masa mendatang. Dari hasil penelitian, yang peneliti lakukan menyatakan bahwa adanya peningkatan, seperti pemahaman bacaan yang lebih baik melalui berbagai aktivitas literasi, termasuk membaca mandiri, membaca kelompok, dan diskusi dengan teman sebaya. Selain itu, tersedianya koleksi buku yang lebih beragam—serta peran aktif guru turut berkontribusi besar terhadap keberhasilan program ini. Kesimpulannya, program intervensi literasi memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca siswa, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan kurangnya minat membaca pada sebagian siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program intervensi literasi, mengatasi tantangan pemahaman membaca, peserta didik sekolah dasar. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Mirna Wati | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2025 07:06 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2025 07:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |