IDENTIFIKASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SD NEGERI 48 AMPENAN

NURUL, AINI IHSAN (2025) IDENTIFIKASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA DI SD NEGERI 48 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku Bullying di SDN 48 Ampenan, dampak yang ditimbulkan terhadap siswa, serta upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mencegah dan menangani kasus Bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan angket kepada kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Bullying yang dominan terjadi adalah Bullying verbal, seperti mengejek nama teman atau orang tua, serta Bullying fisik dalam bentuk dorongan, pukulan ringan, atau tarikan rambut. Dampak dari Bullying ini meliputi kecemasan, ketakutan, rendahnya kepercayaan diri, serta gangguan dalam proses belajar siswa. Selain itu, perilaku Bullying juga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang tidak kondusif dan mempengaruhi hubungan sosial antar siswa. Sebagai bentuk penanganan, sekolah telah mengimplementasikan berbagai strategi, termasuk sosialisasi anti-Bullying melalui program literasi pagi, edukasi dalam kegiatan imtaq dan upacara, pemutaran video edukatif, pemasangan poster anti-Bullying, serta pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Upaya ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Perilaku Bullying, Dampak Bullying, Upaya penanganan Bullying.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Aini Ihsan
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:15
Last Modified: 29 Aug 2025 07:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item