PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

NURGINDA, FITRAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar di SDN 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan dua kelompok: kelompok eksperimen yang diterapkan model PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction). Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pada kelompok eksperimen, rata-rata nilai post-test meningkat dari 67,78 menjadi 79,17, sedangkan pada kelompok kontrol, peningkatan yang tercatat lebih kecil, dari 57,05 menjadi 64,32. Uji statistik menggunakan Paired Sample t-test menunjukkan nilai p = 0,000, yang mengindikasikan bahwa penerapan model PjBL memberikan pengaruh positif yang signifikan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berbantuan seperti Card sort juga terbukti efektif dalam memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi bangun datar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning (PjBL), kemampuan berpikir kreatif, bangun datar, media pembelajaran, SDN 15 Mataram
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurginda Fitrah
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:36
Last Modified: 29 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item