PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT BERBASIS CANVA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SISWA KELAS 4 SDN 1 KOTA BIMA

JIHAN, RIZKY AMELIA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT BERBASIS CANVA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SISWA KELAS 4 SDN 1 KOTA BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PowerPoint terhadap pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Kota Bima pada materi “Aku dan Kebutuhanku.” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang terdiri dari 42 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen adalah 51 dan meningkat menjadi 84,5 pada saat posttest. Sementara itu, pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest sebesar 44,4 dan meningkat menjadi 67,7 pada saat posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,144 > 2,021) pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media PowerPoint berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman siswa pada materi “Aku dan Kebutuhanku” di kelas IV SDN 1 Kota Bima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorHAIFATURRAHMAN, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint, Pemahaman Siswa, Pembelajaran IPAS
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jihan Rizky Amelia
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:18
Last Modified: 29 Aug 2025 07:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item