LINDA, APRIANA (2025) THE EFFECTIVENESS OF KAHOOT! IN TEACHING VOCABULARY AT THE FIRST GRADE OF MTS ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penguasaan kosakata merupakan aspek dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris, namun masih menjadi tantangan bagi banyak siswa di tingkat SMP karena metode yang di gunakan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas VII di MTs Attarbiyah Addiniyah Gersik memahami kosakata dengan menggunakan Kahoot!, sebuah platform pembelajaran berbasis permainan digital. Sebanyak 32 siswa kelas VII menjadi sampel dalam penelitian ini, yang menggunakan desain pretest-posttest satu kelompok. Untuk mengukur kemampuan kosakata awal siswa, pretest diberikan terlebih dahulu. Para siswa kemudian berpartisipasi dalam sesi pembelajaran Kahoot! yang diakhiri dengan posttest untuk mengukur kemajuan mereka. Statistik deskriptif, uji normalitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji Wilcoxon digunakan untuk memeriksa data yang dikumpulkan. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 45.00 pada pretest menjadi 67,34 pada posttest, yang menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 22,34 poin, menurut data. Uji Wilcoxon juga memverifikasi hasil dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sedangkan uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kahoot! adalah alat yang berguna untuk meningkatkan perkembangan kosakata siswa. Dibandingkan dengan teknik tradisional, lingkungan belajar Kahoot! yang menarik dan menyenangkan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, mengingat kata-kata baru, dan meningkatkan kosakata mereka. Penelitian ini mendukung penggunaan pembelajaran digital berbasis permainan untuk mengajarkan kosakata dalam bahasa Inggris, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kahoot!, penguasaan kosakata | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Linda Apriana | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2025 08:12 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2025 08:12 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |