THE EFFECTIVENESS OF INSTAGRAM REELS IN IMPROVING EFL STUDENTS VOCABULARY

DEDI, YUSUP (2025) THE EFFECTIVENESS OF INSTAGRAM REELS IN IMPROVING EFL STUDENTS VOCABULARY. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan fitur Instagram Reels dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keterbatasan metode konvensional dalam meningkatkan retensi kosakata dan minimnya keterlibatan siswa. Instagram Reels sebagai platform media sosial berbasis video pendek dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, kontekstual, dan fleksibel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods dengan desain eksploratori-sekuensial, diawali dengan wawancara kualitatif terhadap delapan mahasiswa, yang hasilnya digunakan untuk menyusun kuesioner kuantitatif yang disebarkan kepada lima puluh responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram Reels dinilai efektif dalam meningkatkan pemahaman dan retensi kosakata melalui kombinasi elemen visual, audio, teks, serta konteks nyata yang disediakan oleh konten kreator. Namun demikian, tantangan seperti distraksi dari konten non-edukatif dan keakuratan materi menjadi perhatian penting. Secara keseluruhan, Instagram Reels dinilai sebagai alat pembelajaran kosakata yang adaptif terhadap kebutuhan pembelajar modern, khususnya dalam lingkungan belajar berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorILHAM, ILHAMnidn0801048001
Thesis advisorIRWANDI, IRWANDInidn0816038701
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram reels, Kosakata, Bahasa Inggris.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dedi Yusup
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:35
Last Modified: 29 Aug 2025 03:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item