IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI IPS TERPADU PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 MASBAGIK

IRMAWATI, M. BANMALEI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI IPS TERPADU PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 MASBAGIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dan siswa dalam mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan dan konteks mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses implementasi Kurikulum Merdeka dan pengaruhnya terhadap peningkatan kompetensi IPS Terpadu pada siswa di SMP Negeri 1 Masbagik. Penelitian kuantitatif ini didukung metode ekperimen dengan desain one Group Pretest-posttes yang melibatkan 175 (dari 317) orang siswa sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, yang kemudian dianalisis menggunakan formula regresi korelasi sederhana berbantuan software IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. variabel kurikulum Merdeka (X) 0.000 dengan nilai (B) 0,590 dan nilai Sig. variabel Y berjumlah 41.23 dengan std. eror 0589. Uji koefisen korelasi (R) menghasilkan nilai Sig (2-tailed) antara kurikulum Merdeka (X) dengan kompetensi IPS Terpadu siswa (Y) sebesar 0.000<0,005 dengan nilai korelasi sebesar 0.590**, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang diajukan diterima. Nilai thitung sebesar 9.614 dengan koefisian determinasi (R2) sebesar 0,348. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan implementasi Kurikulum Merdeka (X) terhadap kompetensi siswa (Y) pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Masbagik. Disarankan agar guru lebih kreatif dan inovatif lagi dalam membuat desain pembelajaran untuk lebih memaksimalkan implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kompetensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSITI, SANISAHnidn0025057514
Thesis advisorARIF, ARIFnidn0814028001
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, kompetensi IPS Terpadu, SMPN 1 Masbagik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Irmawati M. Banmale
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:18
Last Modified: 21 Aug 2025 06:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item