IRMAWATI, M. BANMALEI (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI IPS TERPADU PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 MASBAGIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dan siswa dalam mengembangkan pembelajaran sesuai kebutuhan dan konteks mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses implementasi Kurikulum Merdeka dan pengaruhnya terhadap peningkatan kompetensi IPS Terpadu pada siswa di SMP Negeri 1 Masbagik. Penelitian kuantitatif ini didukung metode ekperimen dengan desain one Group Pretest-posttes yang melibatkan 175 (dari 317) orang siswa sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes, yang kemudian dianalisis menggunakan formula regresi korelasi sederhana berbantuan software IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. variabel kurikulum Merdeka (X) 0.000 dengan nilai (B) 0,590 dan nilai Sig. variabel Y berjumlah 41.23 dengan std. eror 0589. Uji koefisen korelasi (R) menghasilkan nilai Sig (2-tailed) antara kurikulum Merdeka (X) dengan kompetensi IPS Terpadu siswa (Y) sebesar 0.000<0,005 dengan nilai korelasi sebesar 0.590**, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang diajukan diterima. Nilai thitung sebesar 9.614 dengan koefisian determinasi (R2) sebesar 0,348. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan implementasi Kurikulum Merdeka (X) terhadap kompetensi siswa (Y) pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Masbagik. Disarankan agar guru lebih kreatif dan inovatif lagi dalam membuat desain pembelajaran untuk lebih memaksimalkan implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kompetensi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, kompetensi IPS Terpadu, SMPN 1 Masbagik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Irmawati M. Banmale | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:18 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:18 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |