SERLI, WAHYUNI (2025) PENGARUH DISFUNGSI KELUARGA TERHADAP CIVIC LITERACY ANAK DI DESA BAJO PULAU KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Desa Bajo Pulau Kecematan Sape Kabupaten Bima yang bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana kondisi keluarga yang tidak harmonis dapat memengaruhi cara anak memahami konsep-konsep penting terkait dengan hak-hak individu, tanggung jawab sosial, dan bagaimana mereka berpartisipasi dalam kehidupan politik serta sosial di masa depan. Di Desa Bajo Pulau, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, tekanan sosial dan ekonomi yang dialami sebagian besar masyarakat menyebabkan fenomena disfungsi keluarga ini sering terjadi. Pada akhirnya, ini berdampak pada pertumbuhan mental, sosial, dan kemampuan mereka untuk memahami nilai-nilai kewarganegaraan. Metode penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh anak- anak yang ada di Desa Bajo pulau Kecamatan sape Kabupaten Bima yang berjumlah 100 orang anak yang berasal dari keluarga dengan indikasi disfungsi sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 50 anak dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner (angket tertutup). Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, normalitas, dan analisis regresi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pengaruh disfungsi keluarga terhadap civic literacy anak di Desa Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima Nusatenggara Barat berdasarkan hasil uji regresi sederhana, analisis koefisien pada R square sebesar 0,192. Hal ini berarti 19,2% variabel disfungsi keluarga di pengaruhi oleh variabel civic literacy anak, sedangkan 80,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya tidak di bahas pada penelitian ini. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel disfungsi keluarga (X) terhadap variabel civic literacy anak (Y), dengan nilai t-hitung 3.376 dan t-tabel 2.011 dari nilai signifikansi 0,01< 0,05 jadi dapat di simpulkan dengan berdasarkan 2 dasar pengambilan keputusan di atas bahwa disfungsi keluarga berpengaruh positif terhadap civic literacy anak. Hasil menunjukan semakin tinggi fungsional keluarga maka semakin tinggi juga civic literasy anak
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Disfungsi Keluarga, Civic Literacy Anak | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Serli Wahyuni | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 07:32 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 07:32 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |