SUSI, SUSANTI (2025) KONTRIBUSI MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 10 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan kewarganegaraan merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan nasional yang berfungsi untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi warga negara yang cerdas, bertanggung jawab, dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan kewarganegaraan (PKn) sebagai media strategis dalam pembentukan karakter peserta didik, khususnya dalam konteks Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 10 Mataram. Materi PKn dianggap memiliki kontribusi besar dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila seperti toleransi, gotong royong, keadilan, dan rasa nasionalisme. Namun, dalam praktiknya masih ditemukan peserta didik yang kurang mencerminkan karakter positif tersebut, sehingga diperlukan kajian mendalam mengenai bagaimana materi PKn mampu membentuk karakter secara efektif. Permasalahan ini menunjukkan adanya tantangan dalam penerapan materi pendidikan kewarganegaraan sebagai alat pembentuk karakter, sehingga perlu ditelusuri sejauh mana kontribusi materi tersebut dalam membangun karakter peserta didik di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, peserta didik, serta kegiatan pembelajaran PKn kelas VIII. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi dan pedoman wawancara untuk menangkap data kontekstual terkait kontribusi materi PKn terhadap karakter peserta didik. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi PKn dalam Kurikulum Merdeka secara substansial mengandung nilai-nilai karakter yang mendukung pembentukan pribadi peserta didik yang religius, disiplin, dan bertanggung jawab. Program sekolah seperti pelaksanaan kegiatan berbasis Pancasila dan keteladanan guru memperkuat penerapan nilai-nilai tersebut. Namun, ditemukan pula kendala seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap makna substantif materi PKn. Oleh karena itu, kontribusi materi PKn dalam membangun karakter peserta didik dapat dikatakan signifikan, namun masih memerlukan dukungan strategi pembelajaran yang lebih aplikatif dan kontekstual agar implementasinya lebih optimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter, Nilai Pancasila, Kurikulum Merdeka | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Susi Susanti | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:00 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:00 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |