PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PPKN SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 WERA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

NURUL, HUDA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PPKN SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 WERA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Tekonologi Pendidikan dalam meningkatkan literasi digital PPkn siswa kelas IX di SMPN 3 Wera” Penggunaan media teknologi Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi digital terutama dalam mata Pelajaran PPKn. Dengan pemanfaatan teknologi, siswa dapat lebih memahami konsep kewarganegaraan serta memiliki keterampilan literasi digital yang lebih baik akan memberikan kontribusi teoritis, juga akan berdampak nyata pada pembelajaran, penelitian ini diharapkan dapat berfungsi sebagai referensi untuk inovasi pembelajaran yang lebih efisien, menciptakan pengalaman belajar yang menarik, dan meningkatkan literasi digital siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana penggunaan media teknologiPendidikan berpengaruh terhadap peningkatan literasi digital siswa di SMPN 3 Wera Kabupaten Bima. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memperkaya informasi dan pengentahuan tentang dampak penggunaan media teknologi terhadap kemampuan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan analisis deskriptif melalaui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas IX. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX di SMPN 3 Wera kabupaten Bima yang berjumlah 100 siswa sedangkan sampel dalam penelitian adalah 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalan penelitian ini adalah observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media teknologi Pendidikan dalam pembelajaran PPKn dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas IX di SMPN 3 Wera. Hasil menunjukan bahwa besarnya pengaruh media teknologi pendidikan terhadap literasi digital PPKn siswa sebesar 0,222 hal ini mengandung arti bahwa pengaruh penggunaan media teknologi Pendidikan terhadap literasi digital PPKn siswa secara Parsial adalah sebesar 22.2% dengan sisanya yaitu 77,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Media Teknologi Pendidikan, Literasi Digital
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Huda
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:15
Last Modified: 21 Aug 2025 06:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11615

Actions (login required)

View Item View Item