PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 15 MATARAM

MITA, DELANI (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 15 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di SDN 15 Mataram, khususnya pada materi satuan baku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata pre-test meningkat dari 67,78 menjadi 79,17 pada post-test. Sebaliknya, kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 65,25 menjadi 70,26. Hasil uji statistik Independent Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi p = 0,003 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, terutama dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, matematika,
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mita Delani
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:18
Last Modified: 14 Aug 2025 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item