PENGARUH MUATAN BERLEBIH (OVERLOADING) KENDARAAN BERAT TERHADAP SISA UMUR RENCANA JALAN (JALAN TGH. LOPAN DASAN CERMEN - BUNDARAN GERUNG)

NURHIDAYAH, NURHIDAYAH (2024) PENGARUH MUATAN BERLEBIH (OVERLOADING) KENDARAAN BERAT TERHADAP SISA UMUR RENCANA JALAN (JALAN TGH. LOPAN DASAN CERMEN - BUNDARAN GERUNG). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
NURHIDAYAH.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan Jalan disebabkan oleh buruknya kualitas Material Konstruksi Jalan. Selain itu juga karena kendaraan yang kelebihan muatan (overloading). muatan berlebih (overloading) yaitu keadaan yang mana kendaraan mengangkut muatan yang membawa atau melebihi batas beban yang sudah ditetapkan. Jalan Raya yang selalu di lintasi oleh kendaraan berat di kota mataram adalah Jalan TGH. Lopan Dasan Cermen-Bunderan Gerung Lombok Barat. Ada berbagai jenis kendaraan yang melintas di Jalan TGH. Lopan Dasan Cermen-Bunderan Gerung ini seperti motor, mobil, dan kendaaraan berat seperti truk-truk berat. Jalan TGH. Lopan Dasan Cermen-Bunderan Gerung ini merupakan salah satu ruas jalan yang mengalami permasalahan muatan berlebih (Overloading) yang menyebabkan kerusakan pada jalan. Berdasarkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh muatan berlebih terhadaap sisa umur rencana jalan pada Jalan TGH. Lopan Dasan Cermen-Bunderan Gerung dan Untuk mengetahui berapa penurunan umur rencana pada Jalan TGH. Lopan Dasan Cermen-Bundaran Gerung. Untuk mengetahui tujuan diatas maka perlu menghitung kendaraan yang bermuatan berlebih (overloading), melakukan survey data LHR, dokumentasi, data overloading yang diambil dari UPPKB Bartais supaya mencakup seluruh aspek yang dibutuhkan dalam penelitian. Setelah itu dilakukan Analisa jumlah kendaraan yang overload masing-masing kendaraan dan melakukan Perhitungan sisa umur rencana jalan akibat muatan berlebih (overloading). Hasil Analisa data yang didapat dengan jumlah dan persentase tiap golongan yaitu Gol. 3 sebanyak 5 kendaraan dengan persentase sebesar 12%, Gol. 4 sebanyak 10 kendaraan dengan persentase sebesar 22%, Gol. 6 sebanyak 44 kendaraan dengan persentase sebesar 25%, Gol. 7a sebanyak 25 kendaraan dengan persentase sebesar 31% dan Gol. 7b sebanyak 3 kendaraan dengan persentase sebesar 46% bedasarkan hasil data yang sudah dianalisa. Sehingga terjadi kerusakan dan penurunan umur rencana jalan sebesar 0,078 tahun dari umur rencana 10 tahun.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorAHMAD, ZARKASInidn0815049401
Uncontrolled Keywords: LHR, Muatan Berlebih (Overloading), Umur Rencana Jalan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurhidayah Nurhidayah
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:36
Last Modified: 15 Mar 2024 06:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8708

Actions (login required)

View Item View Item