PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SDN SORI TALOKO KECAMATAN SANGGAR KABUPATEN BIMA TAHUN 2022

NURUL, RAMADHANI (2022) PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV SDN SORI TALOKO KECAMATAN SANGGAR KABUPATEN BIMA TAHUN 2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
NURUL RAMADHANI.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru bisa dikatakan profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajar dengan baik, guna mewujudkan kondisi mengajar yang efesien dan efektif diperlukan keterampilan-keterampilan serta inovasi terbarukan dari pada guru. Tujuan penelitian ini mengetahui guru di SDN Sori Taloko apakah sudah termaksud guru yang memenuhi standar profesionalisme serta mengetahui siswa di SDN Sori Taloko apakah sudah termaksud kategori karakter siswa yang baik. Jenis penelitian ini adalah Pendekatan Deskriptif Kualitatif. pengumupulan data melalui beberapa tehnik yaitu tehnik Observasi, wawancara, dan dokumnetasi, Subjek peniliti ini adalah Siswa kelas IV dan Guru SDN Sori taloko tahun pembelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa dan 16 Guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru di SDN Sori Taloko sudah memenuhi standar kompetensi ditinjau dari beberapa komptensi yang dimilikinya, diantara kompetensi tersebut adalah kompetensi prosfesionalisme mencapai 12,5%, kompetensi kepribadian mencapai hasil 80%, Kompetensi Pedagogik mencapai hasil 50%, Dan Kompetensi Sosial mencapai hasil 100%. Berdasarkan dari hasil penilaian keseluruhan dapat disimpulkan bahwa SDN Sori Taloko mencapai hasil yang Cukup Baik. Karakter Siswa Di SDN Sori Taloko sudah mencapai hasil yang cukup baik, ditinjau dari beberapa aspek dan indikator diantaranya, karakter kejujuran, karakter keterbukaan, karakter toleransi, karakter kebijaksanaan, karakter disiplin dan karakter demokrasi. Adapun indikator yang mempengaruhi faktor utama yang mempengaruhi karakter anak adalah faktor lingkungan masyarakat dan keluarga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUWANDI, SUWANDInidn0814067001
Thesis advisorMUSTAPA, ALInidn080510850
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Guru, Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Ramadhani
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:02
Last Modified: 05 Sep 2022 07:03
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5392

Actions (login required)

View Item View Item