Penggunaan Metode Meniru dan Menghafal Terhadap Penguasaan Mufradat siswa kelas V Pada Era Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bima Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurul, Ilmaniyah (2022) Penggunaan Metode Meniru dan Menghafal Terhadap Penguasaan Mufradat siswa kelas V Pada Era Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bima Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9% Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi, Nurul Ilmaniyah NIM: 2019G1A026P yang berjudul “Penggunaan Metode Meniru dan Menghafal Terhadap Penguasaan Mufradat siswa kelas V Pada Era Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bima Nusa Tenggara Barat Tahun Pelajaran 2020/2021”. Pembimbing I: Husnan M.Pdi, Pembimbing II: Nurjannah M.Pdi. Mufradat adalah unsur terkecil bahasa, dan untuk mencapai penguasaan mufradat dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang sesuai. Tingkat peenguasaan mufradat siswa di madrasah ibtidaiyah negeri 5 bima tergolong masih rendah. Salah satunya ialah kurangnya variasi metode pembelajaran yang ditetapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan mufradat siswa, salah satunya dengan menggunakan metode mimicry memorization (Mim-Mem). Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode mimicry memorization dalam meningkatkan penguasaan mufradat siswa (2) Untuk mengetahui apakah metode mimicry memorization berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bima tahun pelajaran 2020/2021. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen. teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan adalah tes tulis, sedangkan instrumen non tes yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adlaah uji hipotesis. Hasil dari penelitian ilmiah ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode meniru dan menghafal terhadap penguasaan mufradat siswa di madrasah ibtidaiyah negeri 5 bima, terbukti dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode mimicry memorization mengalami peningkatan. Peneliti melakukan analisis menggunakan uji-t pada spss 25 for windows. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t sebesar 11,878 dan nilai signifikansi 0,036. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil dari 0,05. Maka dapat diartikan Ha dapat diterima, artinya hipotesis penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHusnan, Husnannidn080748002
Thesis advisorNurjannah, Nurjannahnidn083128502
Uncontrolled Keywords: Metode Mimicry Memorization, Penguasaan Mufradat
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Ilmaniyah
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:55
Last Modified: 18 Mar 2022 06:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item