SUMIATI, SUMIATI (2025) IMPLEMENTASI DISKUSI KELAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMPN 5 LANGGUDU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMPN 5 Langgudu masih tergolong rendah. Proses pembelajaran yang bersifat satu arah serta minimnya keterlibatan aktif siswa menjadi salah satu penyebab utama kurangnya antusiasme dalam mengikuti pelajaran. Kondisi ini mendorong perlunya penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif, salah satunya melalui diskusi kelas. Diskusi kelas diyakini dapat meningkatkan partisipasi siswa dan menumbuhkan motivasi belajar yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi diskusi kelas sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn di SMPN 5 Langgudu berjalan cukup efektif dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini tercermin dari meningkatnya partisipasi aktif, rasa percaya diri, serta antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru merancang dan melaksanakan diskusi secara terencana dengan dukungan dari kepala sekolah. Adapun beberapa kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan waktu, kondisi ruang kelas, perbedaan tingkat keaktifan siswa, serta dominasi dan kurangnya kepercayaan diri sebagian siswa. Namun demikian, dengan pendekatan guru yang tepat dan lingkungan sekolah yang mendukung, diskusi kelas tetap dapat dijalankan secara optimal sebagai sarana pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Diskusi Kelas, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan 300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sumiati Sumiati | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:21 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:21 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |