EKSPLORASI PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PROGRAM INTERVENSI LITERASI DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMAHAMAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 MATARAM

SITI, MIRNA WATI (2025) EKSPLORASI PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PROGRAM INTERVENSI LITERASI DALAM MENGATASI TANTANGAN PEMAHAMAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi persepsi peserta didik terhadap program intervensi literasi dalam mengatasi tantangan pemahaman membaca di tingkat sekolah dasar, khususnya di SD Aisyiyah 1 Mataram. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi peserta didik serta bagaimana pandangan mereka terhadap efektivitas program intervensi literasi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan kepala sekolah, guru wali kelas dan siswa kelas V di SD Aisyiyah 1 Mataram, yang berjumlah satu kepala sekolah, satu guru kelas, dan peserta didik berjumlah sembilan orang sebagai partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor pendukung seperti dukungan guru, metode pembelajaran yang digunakan, dan lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap persepsi peserta didik melalui program intervensi literasi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi yang positif terhadap program intervensi literasi. Selain itu, sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap program intervensi literasi karena di nilai membantu mereka lebih memahami bacaan dan meningkatkan minat membaca. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan program literasi yang lebih tepat sasaran di masa mendatang. Dari hasil penelitian, yang peneliti lakukan menyatakan bahwa adanya peningkatan, seperti pemahaman bacaan yang lebih baik melalui berbagai aktivitas literasi, termasuk membaca mandiri, membaca kelompok, dan diskusi dengan teman sebaya. Selain itu, tersedianya koleksi buku yang lebih beragam—serta peran aktif guru turut berkontribusi besar terhadap keberhasilan program ini. Kesimpulannya, program intervensi literasi memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca siswa, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan kurangnya minat membaca pada sebagian siswa kelas V.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRIMA, RAHMANIAHnidn0821118601
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Program intervensi literasi, mengatasi tantangan pemahaman membaca, peserta didik sekolah dasar.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Siti Mirna Wati
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:06
Last Modified: 29 Aug 2025 07:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item View Item