THE EFFECTIVENESS OF KAHOOT! IN TEACHING VOCABULARY AT THE FIRST GRADE OF MTS ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK

LINDA, APRIANA (2025) THE EFFECTIVENESS OF KAHOOT! IN TEACHING VOCABULARY AT THE FIRST GRADE OF MTS ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan aspek dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris, namun masih menjadi tantangan bagi banyak siswa di tingkat SMP karena metode yang di gunakan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa kelas VII di MTs Attarbiyah Addiniyah Gersik memahami kosakata dengan menggunakan Kahoot!, sebuah platform pembelajaran berbasis permainan digital. Sebanyak 32 siswa kelas VII menjadi sampel dalam penelitian ini, yang menggunakan desain pretest-posttest satu kelompok. Untuk mengukur kemampuan kosakata awal siswa, pretest diberikan terlebih dahulu. Para siswa kemudian berpartisipasi dalam sesi pembelajaran Kahoot! yang diakhiri dengan posttest untuk mengukur kemajuan mereka. Statistik deskriptif, uji normalitas, uji-t sampel berpasangan, dan uji Wilcoxon digunakan untuk memeriksa data yang dikumpulkan. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 45.00 pada pretest menjadi 67,34 pada posttest, yang menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 22,34 poin, menurut data. Uji Wilcoxon juga memverifikasi hasil dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sedangkan uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kahoot! adalah alat yang berguna untuk meningkatkan perkembangan kosakata siswa. Dibandingkan dengan teknik tradisional, lingkungan belajar Kahoot! yang menarik dan menyenangkan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif, mengingat kata-kata baru, dan meningkatkan kosakata mereka. Penelitian ini mendukung penggunaan pembelajaran digital berbasis permainan untuk mengajarkan kosakata dalam bahasa Inggris, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHIDAYATI, HIDAYATInidn0820047301
Thesis advisorMUHAMMAD, HUDRInidn0810058301
Uncontrolled Keywords: Kahoot!, penguasaan kosakata
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
300 Ilmu Sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Linda Apriana
Date Deposited: 29 Aug 2025 08:12
Last Modified: 29 Aug 2025 08:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12141

Actions (login required)

View Item View Item