HABIBURRAHMAN, HABIBURRAHMAN (2020) استخدام كتاب العربية للناشئين لمحمود إسماعيل صيني والأصدقاء في ترقية مهارات اللغة العربية لدى الطلاب في المدرسة المتوسطة الفجر ماترام العام الدراسي 2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].
Text
COVER-BAB1 HABIB.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2-BAB 3 HABIB.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4-LAMPIRAN HABIB.pdf Download (7MB) |
Abstract
Skripsi, Habiburrahman. NIM : 716110020 dengan judul “Penggunaan Buku Al-Arabiyyah Lin Nasyiin Karya Mahmud Ismail Shini DKK dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Pada Siswa di SMPIT Al-Fajar Mataram Tahun Ajaran 2019/2020”. Pembimbing I: Dr. Nasarudin, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Ahmad Helwani Syafi’i M.Pd. Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan proses pembelajaran bahasa arab menggunakan buku al-arabiyyah lin nasyiin karya mahmud ismail shini. 2) menggambarkan usaha meningkatkan keterampilan bahasa arab pada siswa di SMPIT Al-Fajar mataram tahun ajaran 2019/2020. Dan metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ialah: 1) Bahwasanya proses pembelajaran bahasa arab menggunakan al-arabiyyah lin nasyiin karya mahmud ismail shini DKK dalam meningkatkan keterampilan bahasa arab pada siswa di SMPT Al-Fajar mataram tahun ajaran 2019/2020 memuat proses pembelajaran di dalam kelas dan proses melalui internet yang mana proses tersebut terbagi dari langkah-langkah pembelajaran dan interaksi pembelajaran. Dan langkah-langkah terbagi menjadi tiga bagian: pertama pendahuluan, kedua kegiatan inti dan ketiga penutup. Adapun interaksi pembelajaran bahwasnya prosesnya terbagi menjadi tiga: pertama interaksi guru dengan siswa, kedua strategi dan ketiga kitab al arabiyyah lin nasyiin. 2) Usaha meningkatkan keterampilan bahasa arab pada siswa menggunakan buku al-arabiyyah lin nasyiin karya mahmud ismail shini DKK di SMPIT Al-Fajar mataram tahun ajaran 2019/2020 memuat pembelajaran di kelas yaitu memberikan kosa kata baru, memberikan tugas-tugas dan kegiatan assembly. Dan memuat pembelajaran melalui internet yaitu menghafal mufrodat dan menulis hiwar. Kata kunci: keterampilan bahasa, buku bahasa, proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | keterampilan bahasa, buku bahasa, proses pembelajaran | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2020 04:35 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2020 04:35 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1084 |
Actions (login required)
View Item |