M., AGUNG ABDULLAH (2024) STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN DALAM PERSPEKTIF ISLAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN (Studi Kasus di Desa Pringggasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
REPOSITORY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran Kain Tenun Dalam Perspektif Islam Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan (Studi Kasus di Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kain tenun dalam perspektif Islam dan upaya pengerajin dan pengusaha tenun dalam meningkatkan penjualan di Desa Pringgasela. Penelitian ini menggunakan metodelogi pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya memalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penuajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran kain tenun di desa Pringgasela yaitu melalui direct selling (penjualan langsung) dengan bekerjasama dengan ture guide dan bekerjasama dengan pihak-pihak hotel di Senggigi, melakukan penjualan langsung melalui even Alunan Budaya Desa Pringgasela, memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan kain tenun Pringgasela, dan membentuk kelompok tenun. Tentunya strategi pemasaran kain tenun Pringgasela ini sudah menggunakan prinsip dan nilai-nilai pemasaran ekonomi Islam yaitu diaplikasikan dalam konteks bisnis dengan memberikan perhatian khususnya pada kajujuran (shidiq), kepercayaan (amanah), kecerdasan (fathanah), dan komonikatif (tabligh). Upaya pengerajin dalam meningkatkan penjualan kain tenun di desa Pringgasela yaitu mengembangkan produk kain tenun yang kreatif, meningkatkan kualitas kain tenun dan sumber daya pengerajin tenun. Implementasi dari strategi pemasaran usaha tenun ini adalah meningkatkan penjualan produk tenun di desa Pringgasela dimana hal ini berdampak pada pendapatan dan perekonomian pengerajin tenun di desa Pringgasela.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran Syariah, Penjualan, dan Kain Tenun | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah | |||||||||
Depositing User: | M. Agung Abdullah | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 08:41 | |||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 08:41 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9940 |
Actions (login required)
View Item |