HASNA, WARDANI (2024) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_HASNA WARDANI_NIM 2020G1B006_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_HASNA WARDANI_NIM 2020G1B006_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
HASNA WARDANI (4).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (980kB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam konteks pendidikan, keaktifan berorganisasi mahasiswa adalah kegiatan lain dalam perkuliahan yang menjadi faktor pentingdalam mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk menyesuaikan diri dengan tantangan yang akan dihadapi di dunia kerja nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan dari keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan metode pengumpulan data yaitu berupa wawancara, dokumentasi dan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang diberikan kepada mahasiswa program studi PGMI angkatan tahun 2021/2022 dan 2022/2023 sebanyak 21 orang mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan berorganisasi terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa prodi PGMI terdapat pengaruh yang signifikan, hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan rumus Product Momen Person dimana r_hitung≥r_tabel (1,161≥ 0,433) atau sama artinya dengan ketika nilai satu variabel meningkat, nilai variabel lainnya juga ikut meningkat. Kelebihan dari aktif berorganisasi adalah mahasiswa menjadi disiplin dan bertanggung jawab terhadap kuliahnya, mahasiswa mampu membagi waktu dalam kesibukannya menjalani perkuliahan dengan organisasi yang diikuti, serta mahasiswa menjadi lebih aktif berdiskusi baik disaat jam perkuliahan maupun diluar perkuliahan. Kekurangan dari aktif berorganisasi adalah terbengkalainya tugas-tugas dan jam perkuliahan, dikarenakan kesibukan mahasiswa saat mengikuti organisasi. Hal tersebut, karena kurangnya manajemen waktu, disiplin, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap perkuliahannya.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Berorganisasi, Peningkatan Prestasi Belajar, Mahasiswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Hasna Wardani | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 05:57 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 05:57 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9833 |
Actions (login required)
View Item |