STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA HALAL GILI LAMPU DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ( STUDI KASUS DI DESA PADAK GUAR KECAMATAN SAMBELIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR )

SERLY, JUNIARTI RUSADI (2024) STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA HALAL GILI LAMPU DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN ( STUDI KASUS DI DESA PADAK GUAR KECAMATAN SAMBELIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Destinasi wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan muslim untuk memenuhi kebutuhan dalam berwisata. Segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan agama Islam dalam pariwisata halal kebutuhan itu antara lain: adanya rumah makan bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di tempat umum, kamar mandi harus terpisah antara pria dan wanita, pariwisata halal dipandang sebagai cara baru untuk mengembangkan pariwisata yang menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk strategi pemasaran destinasi wisata halal Gili Lampu dan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan pengelola destinasi wisata halal Gili Lampu dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa strategi pemasaran destinasi wisata halal Gili Lampu menggunakan bauran strategi pemasaran yang mencakup produk, harga, lokasi, dan promosi. Dari Strategi yang digunakan dengan baik, meskipun masih belum diterapkan secara keseluruhan. Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, upaya pengelola dalam meningkatkan kunjungan wisatawan yaitu dengan meningkatkan fasilitas wisata seperti tersedianya masjid atau mushola, tempat wudhu, toilet, berugak, tempat sampah, warung, rumah makan halal, dan memberikan layanan yang konsisten kepada pengunjung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNOVI, YANTI SANDRA DEWInidn0828118303
Thesis advisorNUR, FITRI HIDAYANTInidn0807089004
Uncontrolled Keywords: Strategi, Wisata, Halal, Meningkatkan Kunjungan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Serly Juniarti Rusadi
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:42
Last Modified: 27 Sep 2024 07:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item