Rahmat, Muhajir (2024) ANALISIS PELAKSANAAN ELEKTRONIK GOVERNMENT SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) STUDI KASUS DINAS SOSIAL PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
cover, abstrak, bab i bab v.pdf Download (642kB) |
|
Text
skripsi_rahmat.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
similarity.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era digitalisasi dan modernisasi saat ini perkembangan teknologi informasi (TI), khususnya teknologi komputer dan jaringan internet semakin pesat, salah satu cara yang dapat digunakan oleh pemerrintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance). Berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government dan juga eraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Sistem Elektroniks sudah seharuhnya instansi pemerintahan mengimplentasikan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (electronic government). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan electronic government sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Untuk mengetahui Apa saja faktor yang mempengaruhi pelaksanaan electronic government sebagai upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari hasil peneliatan dari dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa : (1). Dari tiga bentuk pelaksanaan dari teori bentuk implementasi electronic government menurut indirajit (2016) yaitu bentuk publish, interact dan transact hanya ada diterapkan 2 bentuk saja yaitu bentuk publish dimana terdapat Website Dinas Sosial NTB dan Media Sosial yang digunakan oleh Dinas Sosial NTB untuk diseminasi data dan informasi. Pada bentuk interact terdapat website NTB Satu Data yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mencari data secara lebih spesifik, dan beberapa kanal yang dapat digunakan oleh Masyarakat untuk berkomunikasi langsung dengan Dinas Sosial NTB seperti, Nomor Telpon, Email dan Form yang ada di website Dinas Sosial NTB sedangkan untuk bentuk ke 3 yaitu bentuk transact tidak diterapkan oleh Dinas Sosial NTB
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Elektronic Government, Dinas Sosial NTB | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Rahmat Muhajir | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2024 01:29 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2024 01:29 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9804 |
Actions (login required)
View Item |