PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN(TGT) BERBANTU MEDIA ANDROID DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BDP SMK NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

YOSUA, KABUNGGGUL (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMEN(TGT) BERBANTU MEDIA ANDROID DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BDP SMK NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
bab 1 2 3 skripsi wtr WORD edit.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV edit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V dan lampiran wtr mab.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dalam menerima pelajaran yang ditandai dengan siswa pasif dalam proses pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru tentang materi yang disampaikan dikelas sehingga menganggap pembelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan. Hal ini dikarenakan guru mata pelajaran matematika di SMK Negeri 1 Narmada hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan. Metode tersebut kurang variatif dan terkesan monoton. Oleh karena itu diperlukan model pemeblajaran yang bias membuat siswa aktif dan termotivasi dalam pemeblajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif dalam memecahkan masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Team Games Tuornamen (TGT) berbantu media android. Tujuan penelitian ini dalah untuk menegetahui apakah penerapan kooperatif tipe Team Games Tuornamen (TGT) berbantu media android dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X BDP SMK Negeri 1 Narmada. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil analisis yang dilakukan, siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 50,00 % dengan nilai rata-rata 40,88 % dan motivasi belajar siswa pada pertemuan pertama berkategori kurang aktif dan pertemuan kedua berkategori cukup aktif. Siklus satu belum mencapai kriteria keberhasilan dan terdapat banyak kendala. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, dimana pada siklus II proses belajar mengajar sudah mengalami peningkatan, diperoleh ketuntasan kasikal 80,00 % dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 79, 00 % dan niali rata-rata motivasi belajar siswa pada pertemuan pertama 3,55 dan pertemuan ke dua 3,44 berkategori aktif jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tuorrnamen ( TGT) berbantu media android dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa model pemeblajaran ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif model pemeblajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: Team Games Tuornamen (TGT) berbantu media android.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerDEWI, PRAMITA0818078701
ReviewerVERA, MANDAILINA0826028501
Uncontrolled Keywords: Team Games Tuornamen (TGT) berbantu media android.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 15 Aug 2020 04:09
Last Modified: 15 Aug 2020 04:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item