AINUN, ARISANDI (2024) PERAN GURU PKn DALAM MEMBINA PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN GURU KELAS 8 SMPN 1 SOROMANDI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text (Similarity Check)
similarity check 2020a1c002.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
cover-dapus 2020a1c002.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
Cover, Abstrak, Bab 1 dan Bab 5.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hasil prasurvei pada tanggal 3 Oktober 2023, kenyataan yang terjadi di Sekolah SMPN 1 Soromandi di Kabupaten Bima banyak siswa yang melanggar tata tertib yang berlaku di sekolah SMPN 1 Soromandi sekalipun disipliner sudah di terapkan. Siswa yang kurang disiplin di lingkungan sekolah, misalnya melakukan perilaku yang bertentangan dengan peraturan sekolah yang telah diterapkan. Pelanggaran ini termasuk terlambat, bolos jam pelajaran, tidak menyelesaikan tugastepat waktu, dan dandanan serta seragam yang tidak tepat dan lengkap. Penelitian ini mengunakan penelitian analisis kualitatif deskriptif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk deskriptif dari hasil wawancara antara peneliti dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini (1) SMPN 1 soromandi kabupaten bima peran guru Pkn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan memberikan motivasi dalam mendidik, membimbing,membina dan sekaligus menasehati siswa dalam berperilaku bertutur kata dan juga bersikap yang baik dan sopan dalam perkembangan siswa di kehidupannya. (2) Presepsi diri guru PKn dan upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah, seperti meingktkan kinerja guru sehingga siswa menjadi pribadi yang lebih baik, merapkan aturan yang sudah ada, memberikan masukan dan pengertian dengan baik agar siswa mengerti disiplin siswa sangat dibutuhkan di masa depan, menampilkan perilaku teladan di hadapan siswa dengan berusaha datang sekolah tepat waktu, berpakaian rapi dan lain-lain. (3) Bentuk pembinaan kedisiplinan di SMPN 1 soromandi yaitu dengan pemberian keteladanan, pemberian motivasi/nasehat, pemberian sanksi/hukuman. Meskipun cara-cara tersebut sudah di terapkan oleh sekolah tetapi masih saja ada beberpa siswa yang tetap berperilaku tidak disiplin dalam hal terlambat datang kesekolah, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak memakai atribut sekolah lengkap bahkan tidak membawa alat tulis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pkn, Perilaku Kedisiplinan, Keteladanan guru | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ainun Arisandi | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:37 | |||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 06:36 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9249 |
Actions (login required)
View Item |