PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD KELAS V TAHUN AJARAN 2023/2024

NUNUNG, HARDIANTI (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD KELAS V TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
Nunung Hardianti.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari media pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire terhadap keaktifan belajar siswa SD. Metode penelitian ini menggunakan tes yaitu berupa tes tulis untuk mengukur keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire pada siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas VA sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas VB sebagai kelas Kontrol, dengan jumlah 27 siswa. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 65.0 dan setelah dilakukan post-test meningkat menjadi 80.96 untuk kelas kontrol sendiri diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 54.63 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 66.67. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keaktifan belajar siswa menggunakan rubrik penilaian berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai sig. 0,586 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire terhadap keaktifan belajar siswa pada kelas V SD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media Lectora Inspire, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nunung Hardianti
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:35
Last Modified: 22 Mar 2024 03:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item