PENGARUH PEMANFAATAN MINI EDUPARK SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SDN 4 KURANJI

AMROYNI, ZAIDA (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MINI EDUPARK SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SDN 4 KURANJI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (10MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SIMILARITY CHEK_AIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, SDN 4 Kuranji adalah Sekolah Dasar yang terletak di Lingkungan Mapak Belatung, dekat pesisir pantai, Kota Mataram. Tingkat kemandirian belajar siswa ditentukan berdasarkan seberapa besar inisiatif dan tanggung jawab siswa untuk berperan aktif dalam perencanaan belajar, proses belajar maupun evaluasi belajar. Semakin besar peran aktifnya dalam berbagai hal kegiatan belajar dapat di indikasikan siswa tersebut memiliki tingkat kemandirian belajarnya yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Variabel penelitian ada dua, yaitu variabel dependen dan variabel independen. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV (empat) SD Negeri 4 Kuranji yang berjumlah 25 orang. Instrumen dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan instrument penilaian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskripstif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Pre-tes, 37,64 dan pos-tes 45,60. Dengan menggunakan deskriptif statistic terlihat bahwa nilai rata-rata pos-tes lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-tes. Uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk diperoleh nilai signifikan pre-tes 0,081> 0,05 dan nilai signifikan pos-tes 0,258> 0,05. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan based on mean (a) sebesar 0,811> 0,05 dinyatakan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t paired sample t-test pada pre-tes dan pos-tes diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000< 0,05. Berdasarkan output uji t paired sample t-test bahwa pemanfaatan mini edupark sekolah berpengaruh untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Mini Edupark, Kemandirian Belajar, SDN 4 Kuranji
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Amroyni Zaida
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:24
Last Modified: 21 Mar 2024 07:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item