EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

GINA, SARANA PUTRIANA (2024) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_SKRIPSI_GINA SARANA PUTRIANA_PGSD.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_SKRIPSI_GINA SARANA PUTRIANA_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_SKRIPSI_GINA SARANA PUTRIANA_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI SETELAH UJIAN_1.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Kolaborasi pada muatan pembelajaran bahasa indonesia Siswa kelas V SDN 22 Mataram. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif,merupakan suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa angka dan program statistik. Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa nilai pretest kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata kelas (mean) = 56.00 sedangkan untuk nilai range = 25, untuk nilai Standar Deviasi nilai yang diperoleh adalah 7.240. Berdasarkan hasil olahan data pretest kelas ekperimen diperoleh nilai terendah 45 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 70. Adapun nilai posttest kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata kelas (mean) = 81.50 sedangkan untuk nilai range = 25, untuk nilai Standar Deviasi nilai yang diperoleh adalah 7.445. Berdasarkan hasil olahan data posttest kelas ekperimen diperoleh nilai terendah 70 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 95. Sedangkan nilai pretest kelas kontrol memiliki nilai rata-rata kelas (mean) = 12,00 sedangkan untuk nilai range = 25, untuk nilai Standar Deviasi nilai yang diperoleh adalah 7.303. Berdasarkan hasil olahan data pretest kelas kontrol diperoleh nilai terendah 45 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 70. Adapun nilai posttest kelas kontrol memiliki nilai rata-rata kelas (mean) = 55.33 sedangkan untuk nilai range = 25, untuk nilai Standar Deviasi nilai yang diperoleh adalah 5.826. Berdasarkan hasil olahan data posttest kelas kontrol diperoleh nilai terendah 60 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh adalah 85. Berdasarkan data diatas terdapat pengaruh bahwa hasil perhitungan penguji hipotesis dengan program aplikasi versi 25 dengan menggunakan teknik uji independen samples T-Test pada tarif signifikansi 5% diperoleh nilai Thitung > Ttabel (4.442 > 1.670) dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat simpulkan H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0823078802
Thesis advisorSyafruddin, Muhdarnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Keterampilan Kolaborasi, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Gina Sarana Putriana
Date Deposited: 18 Mar 2024 08:04
Last Modified: 18 Mar 2024 08:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8748

Actions (login required)

View Item View Item