NURHALIFAH, NURHALIFAH (2024) IMPLEMENTASI BEST PRACTICE SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI KARAKTER SISWA DI SDN 4 BAJUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (similarity check)
Nurhalifah 3.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan Best practice di SDN 4 Bajur perlu dilakukan mengingat kondisi siswa terkait nilai pendidikan karakter masih dirasa sangat rendah. Hal ini dikhawatirkan dapat menjadi penghalang bagi suksesnya kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu, dikhawatirkan rendahnya nilai pendidikan pada siswa akan berdampak buruk pada masa depan para siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kendala dan solusi dalam penerapan best practice sebagai upaya penanaman nilai-nilai karakter. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas III dan siswa kelas V SDN 4 Bajur. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil dari angket dan fakta yang ditemukan selama penelitian, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan antara siswa kelas rendah dan kelas tinggi dalam menerapkan strategi untuk menanamkan nilai karakter. Kelas rendah sebanyak 95% dan 85% kelas tinggi sudah mengikuti peraturan sekolah dan menanamkan nilai karakter di dalam diri mereka baik itu dikelas maupun di luar kelas. Berdasarkan data hasil implementasi best practice sebagai upaya penanaman nilai karakter dapat dikatakan bahwa siswa sudah menerapkan praktik baik disekolah dengan baik dan mampu utuk menanamkan program-program dalam diri mereka. Penelitian tentang implementasi best practice sebagai upaya penanaman nilai karakter di SDN 4 Bajur dapat disimpulkan bahwa menerapkan praktik baik menjadi salah satu upaya yang sangat penting dalam menanamkan nilai karakter peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | best practice, nilai karakter, sd | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurhalifah Nurhalifah | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:52 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:52 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8676 |
Actions (login required)
View Item |