ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG EMPAT PAGESANGAN KOTA MATARAM

RAHMAT, SABIL (2024) ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG EMPAT PAGESANGAN KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1COVER - BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
3BAB 5 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk di Kota Mataram menyebakan peningkatan jumah kendaraan pribadi. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi yang meningkat dapat menyebabkan kemacetan, antrian serta tundaan pada simpang terutama pada jam sibuk. Simpang Empat Pagesangan adalah simpang dengan empat lengan yang dilengkapi dengan sinyal lampu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan dari Simpang Empat Pagesangan Kota Mataram dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Survei pengambilan data dilakukan pada jam pagi pukul 06.30-08.30 WITA, siang pukul 12.00-14.00 WITA, sore pukul 16.00-17.00 WITA, survey pengambilan data dilakukan pada tanggal 23,25 dan 27 November 2023. Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode MKJI 1997 kinerja Simpang Empat Pagesangan di dapat derajat kejenuhan pada pendekat: Utara, Barat, selatan dan Timur sebesar 0,68, 0,33, 0,56 dan 0,41. Panjang antrian pada pendekat: Utara, Barat, Selatan dan Timur sebesar 120,8 m, 40 m, 112,5 m, dan 48 m. Jumlah kendaraan terhenti pada pendekat: Utara, Barat, Selatan dan Timur sebesar: 513 smp/jam, 120 smp/jm, 462 smp/jam dan 148 smp/jam. Tundaan pada pendekat: Utara, Barat, Selatan dan Timur sebesar 50,66 det/smp, 51,54 det/smp, 43,80 det/ smp dan 50,65 det/smp. Dari hasil analisa di dapat tingkat pelayanan Simpang Empat Pagesangan pada pendekat Utara dan Selatan adalah C (Kondisi arus stabil tetapi pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan), pada pendekat Barat dan Timur B (Kondisi arus stabil pengemudi memiliki kebebasan yang cukup dalam memilih kecepatan).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: simpang empat bersinyal, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, tingkat pelayanan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rahmat Sabil
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:07
Last Modified: 29 Apr 2024 02:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item