MARDIANA, MARDIANA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
01 COVER-BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
02 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
Mardiana (3).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) | Request a copy |
Abstract
Studi meta-analisis ini dilakukan untuk merangkum bukti tentang pengaruh pada kemampuan berpikir kritis. Database terkait dicari untuk studi yang memenuhi kriteria inklusi. Penelitian ini menganalisis 16 artikel yang telah diterbitkan antara tahun 2017 hingga 2022, dan dengan total 454 siswa dilibatkan. Sampel dalam riset ini yakni 16 publikasi ilmiah berbentuk artikel. Bersumber pada rata- rata kata kunci Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, rata- rata effect size berpikir kritis siswa ialah kategori efek sangat tinggi dengan rata-rata Effect Size 1,40 , Sedangkan dalam kategori tinggi dengan rata-rata Effect Size 0,24, dalam kategori cukup tinggi dengan rata-rata Effect Size 0,22, dalam kategori Lemah dengan rata-rata Effect Size 0,24. Dari hasil perbandingan tingkat akurasi pengaruh tersebut dapat diihat bahwa penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sangat besar pengaruhnya pada jenjang Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, berpikir kritis | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Mardiana Mardiana | |||||||||
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:19 | |||||||||
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8465 |
Actions (login required)
View Item |