ARURIN, AGUSTINA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BANGUN RUANG RUMAH ADAT MBOJO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SANGIANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (12MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
Text (Similarity Check)
Skripsi Arurin Agustina FIX_docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan E-modul pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahamkan pembelajarannya, lebih khususnya pada siswa kelas V pada materi bangun ruang. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siwa kelas V B SDN Sangiang yang berjumlah 11 orang siswa, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V A SDN Sangiang yang berjumlah sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan media E-modul berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sangiang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif”. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE adalah tahap analisis (Analysis), tahap mendesain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli materi maka memperoleh presentasi 85% yang dinyatakan sangat praktis, dan 3 validator ahli media maka memperoleh presentasi 86% yang dinyatakan sangat praktis. Penilaian dari hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas maka memperoleh nilai 93,72% dikategorikan sangat praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa pada uji coba lapangan maka memperoleh nilai 92,40% dikategorikan sangat praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan belajar siswa maka memperoleh presentasi 0,77 dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-Modul Etnomatematika, Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Arurin Agustina | |||||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:13 | |||||||||
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8448 |
Actions (login required)
View Item |