PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SD

SUMIATI, SUMIATI (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI SUMIATI 11.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan modul ajar pada mata pelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 SD merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahami pembelajarannya, lebih khusus pada siswa SD kelas I pada materi mengenal huruf vokal dan konsonan. Subjek uji coba pada penelitian ini dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas II SDN 24 Cakranegara yang berjumlah 7 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas I SDN 24 Cakranegara yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini bertujuan untuk “Mengembangkan Modul Ajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I SD” yang memenuhi kriteriavalid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Difine), tahap perancangan (Design), tahap pengmbangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli dan 3 dari validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 81,7% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 93,0% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka memperoleh nilai 81,25% dikategorikan praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan minat belajar siswa maka memperoleh presentasi 90% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0823078802
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sumiati Sumiati
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:22
Last Modified: 18 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8399

Actions (login required)

View Item View Item